Thursday, May 3, 2012

IAIN Raden Fatah Direkomendasikan Jadi UIN Raden Fatah


coba
06.02.2012 23:14:25 WIB
Oleh Putra Kurusetra

AGAR cakupannya menjadi luas dan terbuka, IAIN Raden Fatah Palembang direkomendasikan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Rekomendasi ini dikeluarkan DPW PAN Sumsel.


“Selama ini IAIN Raden Fatah hanya fokus pada ilmu agama Islam, padahal Islam itu merupakan agama yang luas yang mengajarkan hampir semua ilmu, bukan hanya ilmu agama. Oleh karena itu, sudah sangat wajar jika IAIN Raden Fatah menjadi Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Makanya dalam Rakerwil DPW PAN Sumsel kemarin, kami merekomendasikan IAIN Raden Fatah menjadi UIN Raden Fatah,” kata Azis Kamis, Ketua Panitia Pelaksana Rakerwil DPW PAN Sumsel, saat jumpa pers di kantornya, Jalan Radial, Palembang, Senin (06/02/2012).


IAIN Raden Fatah didirikan pada 13 Nopember 1964. Saat berdiri hanya ada tiga fakultas yakni Syariah, Ushuluddin, dan Tarbiyah. Saat ini bertambah fakultas Adab, Dakwah, dan Pascasarjana. Saat ini mahasiswa yang tengah menempuh ilmu di IAIN Raden Fatah berjumlah sekitar 5.000 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, dan Bangka-Belitung.


Menurut Azis, jika IAIN Raden Fatah menjadi UIN Raden Fatah, lahanya sudah ada. Lahan milik IAIN Raden Fatah itu berada di kawasan Jakabaring Palembang. “Lahan itu cukup luas buat membangun kampus baru yang diperuntukan bagi UIN Raden Fatah. Letaknya pun tak begitu jauh dengan lokasi Islamic Centre yang akan dibangun pemerintah Sumsel,” katanya. 

No comments:

Post a Comment